Penyakit Tibi Tulang



Penyakit Tibi Tulang - Tuberkulosis merupakan suatu penyakit sistemik yang mampu menyerang berbagai organ termasuk tulang dan sendi. Lesu yang terjadi pada tulang dan sendi hampir selalu disebabkan oleh penyebaran hematogen dari kompleks primer pada bagian tubuh lain. Biasanya akan tejadi 6 – 36 bulan setelah infeksi primer, tetapi bisa saja timbul bertahun – tahun kemudian. 
 
Penyakit Tibi tulang adalah suatu proses peradangan kronik serta destruktif yang disebabkan oleh basil tuberkulosa yang menyebar secara hematogen dari focus jauh. Penyakit ini disebabkan oleh virus Mycobacterium Tuberculosa yang menyebar melalui udara.
Penyakit Tibi Tulang

Berbeda dengan penyakit Tibi yang menyerang paru-paru, penderita penyakit tibi tulang biasanya akan merasakan pegal serta nyeri pada bagian tulang. Penderita akan sulit bergerak karena akan terlihat bengkak pada sendi-sendi yang sakit.

Selain itu, akan terlihat berwarna merah kebiruan seperti terdapat memar pada daerah kulit dimana tulang diserang. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini bisa mengakibatkan kelumpuhan pada penderita.

Penyakit Tibi tulang bisa menyerang hampir semua tulang, tetapi kasus yang sering terjadi adalah Tibi pada tulang belakang, bahu, lutut, siku, tangan dan kaki.sendi temperomandibular dan rahang (mandibular) merupakan daerah yang paling jarang terjangkit oleh virus Tibi.

Untuk mendeteksi adanya Tibi tulang, pemeriksaan yang dilakukan adalah melalui pemeriksaan radiologis dan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan laboraturium merupakan pemeriksaan yang paling sederhana. Pemeriksaan tersebut berupa penanda radang seperti LED (Laju Endapan Darah) dan CRP (C-Reactive Protein) yang melebihi batas normal. Kita juga dapat mendeteksi penanda spesifik seperti PAP-TB atau PCR-TB.

Pada pemeriksaan radiologis akan dilakukan dengan photo toraks PA karena penyakit Tibi tulang 80% disebabkan karena terjadinya penyebaran dari Tibi paru. Jika dicurigai adanya Tibi tulang maka akan dilakukan pemeriksaan tingkat lanjut melalui photo pada tulang (photo polos posisi AP, Lateral serta CT-Scan atau MRI ).

Gejala penyakit Tibi tulang yang biasanya muncul penderita pada awalnya akan merasa pegal-pegal yang disertai dengan rasa lelah pada sore hari. Pada tingkat selanjutnya penderita mengalami kehilangan nafsu makan, terjadinya penurunan berat badan, demam serta berkeringat pada malam hari.

Sedangkan gejala yang ditemukan pada anak-anak adalah sparme otot pada malam hari (night start). Terkadang juga disertai dengan demam ringan. Pada kasus yang berat, bisa terjadi kelemahan otot yang sedemikian cepatnya menyerupai kelumpuhan.

Cara pengobatan Tibi tulang pada tahap awal, penderita akan mendapatkan obat setiap hari serta diawasi langsung agar mencegah terjadinya kekebalan tubuh terhadap semua obat. Sedangkan untuk tahap selanjutnya, penderita akan mendapatkan jenis obat yang lebih sedikit tetapi dalam jangka waktu yang lama. Pada tahap lanjutan ini penting untuk membunuh kuman persistent sehingga dapat mencegah penyakit Tibi tulang kambuh lagi.

Penyakit Tibi tulang tidak bersifat menurun, tapi kemungkinan menular. Penyakit ini bisa menyebabkan tulang yang terserang akan menjadi rusak, sehingga dapat terjadi pengeroposan pada tulang. Diperlukan kesabaran dan waktu yang lama untuk memulihkan, apalagi jika penderita Tibi tulang sudah berusia lanjut. 

Untuk pengobatan, penderita penyakit Tibi tulang dalam jangka waktu 12 bulan sampai 18 bulan harus rutin minum obat Tibi setiap hari tanpa putus serta melakukan tindakan Operasi untuk mengangkat serta membersihkan kuman-kuman Tibi yang nempel dan memasang pen (seperti besi untuk merapatkan kembali tulang yang rusak). Demikian informasi tentang penyakit Tibi tulang. Semoga bermanfaat.

Dapatkan info kuis/kontes terbaru melalui email:

0 Response to "Penyakit Tibi Tulang"

Posting Komentar