Golongan Yang Beresiko Terkena Tibi Tulang Belakang



Golongan Yang Beresiko Terkena Tibi Tulang Belakang - Tibi adalah penyakit yang disebabkan karena aktifitas bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit tibi ini masih menjadi penyakit yang menakutkan diseluruh dunia, apalagi penyakit ini selalu berbasis di Negara berkembang. Penyakit tibi ini bukan hanya menyerang paru – paru, namun juga seluruh anggota tubuh yang dapat menyebabkan komplikasi yang berujung dengan kematian. 

Karena penyebaran bakteri tibi yang tidak pandang bulu, pemerintah mulai menaruh perhatian terhadap penderita penyakit tibi. Namun tidak sedikit penderita tibi yang membandel dan menghentikan pengobatan ditengah jalan.

Golongan Yang Beresiko Terkena Tibi Tulang Belakang
Tibi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis merupakan bagian dari ORdo Actinomicetales dan dari Famili Mycobacteriase. Bila dilihat dari lensa microskop, bakteri ini berbentuk batang lengkung yang sulit sekali diwarnai karena termasuk dalam bakteri garam positif. Namun apabila bakteri ini sudah berwarna, maka akan sulit sekali dihilangkan warnanya meskipun dengan zat asam. Karena keunikan itulah bakteri ini disebut juga dengan bakteri batang tahan asam.

Zat asam tidak mampu membunuh bakteri tibi karena bakteri ini dilindungi oleh dinding sel yang terbuat dari lapisan lilin dan asam lemak mikolat. Bakteri Mycobacterium Tuberculosis mempunyai sifat pleimorfik yang berarti tidak bergerak dan tidak membentuk spora. Penyakit tibi meledak kembali bersamaan dengan ditemukannya penyakit HIV/AIDS. Penyakit HIV/AIDS menyerang system kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah sekali terkena serangan bakteri termasuk bakteri tibi.

Bakteri tibi awalnya akan menyerang paru – paru sebagai tempat bersarang karena penyebarannya yang lewat udara. Namun bila bakteri tersebut didiamkan dan tidak diobati akan mampu menyerang tempat terdekat dengan paru – paru yaitu tulang belakang. Bakteri tibi yang menyerang tulang belakang akan sangat berbahaya sekali, bahkan sampai dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Ada beberapa golongan yang beresiko terkena tibi tulang belakang.

  1. Yang pertama adalah orang yang mempunyai lingkungan tidak sehat. Lingkungan tidak sehat yang dimaksud disini adalah lingkungan yang kotor, lembab, tidak terkena sinar matahari dan gelap. Lingkungan seperti itu sangat menunjang kehidupan dari bakteri mycobacterium tuberculosis di udara, sehingga kemungkinan terjangkit dari orang yanga da di lingkungan tersebut meningkat.
  2. Golongan kedua adalah orang yang berhubungan langsung dengan penderita aktif penyakit tibi. Bakteri tibi tidak hanya bercampur pada udara disekitar penderita, namun juga ada pada sprei, bantal, alat makan bahkan handuk penderita.
  3. Ketiga adalah orang yang mempunyai daya tahan rendah. Sudah diketahui bahwa meledaknya kembali penyakit tibi didunia dibarengi dengan merebaknya virus HIV/AIDS. Bakteri penyakit tibi akan berkembang jika tubuh yang dijangkitinya melemah. Bakteri tibi tidak mudah dihancurkan oleh system ketahanan tubuh sehingga membutuhkan waktu lama dan mewajibkan tubuh yang terinfeksi selalu menjaga daya tahan agar bakteri tidak berkembang.
  4. Terakhir adalah orang yang mempunyai riwayat penyakit tibi. Penyakit tibi yang sudah pada tingkat lanjut dapat menyebabkan komplikasi karena bakteri tibi sudah menyebar keseluruh tubuh. Apabila penyakit tibi paru sudah sembuh, belum berarti penderita sudah sembuh total. Diperlukan pengecekan lebih lanjut pada tulang belakang sebagai tempat favorit bersembunyinya bakteri Mycobacterium Tuberculosis
  5. Akibat yang diberikan bakteri tibi pada tulang belakang sangatlah fatal. Bakteri akan menyerang kelenjar disekitar tulang belakang dan berkembang sehingga mampu menghancurkan tulang belakang dan menghimpit system syarat yang berpusat di tulang belakang. Penyembuhannya juga diperlukan pengobatan jangka panjang, operasi pembersihan untuk stadium lanjut dan juta terapir syaraf motorik untuk penderita kelumpuhan.

Demikian informasi untuk menambah kewaspadaan anda, jangan sampai anda masuk dalam golongan menjadi korban selanjutnya. Tetap jaga lingkungan bersih, jaga kesehatan dan berpikiran positif. Semoga informasi golongan yang beresiko terkena tibi tulang belakang ini bermanfaat.

Dapatkan info kuis/kontes terbaru melalui email:

0 Response to "Golongan Yang Beresiko Terkena Tibi Tulang Belakang"

Posting Komentar