Langkah Pencegahan Penyakit Tibi Tulang Belakang



Langkah Pencegahan Penyakit Tibi Tulang Belakang - Penyakit tibi saat ini sudah dianggap sebagai penyakit serius pada tubuh manusia. Penyakit ini membinasakan manusia dengan diam – diam selama berabad – abad lamanya. Pembunuh lambat tapi pasti merupakan ciri khas penyakit tibi. Meskipun sekarang sudah masuk masa modern dan penyakit tibi dapat disembuhkan, nyatanya tetap banyak orang yang meninggal. 

Menurut data WHO, Asia Tenggara merupakan penyumbang terbesar penderita penyakit tibi didunia. Asia Tenggara menyumbang 33% dari 8,8 juta kasus baru penyakit tibi. Tentu saja statistic tersebut hanyalah perkiraan saja, mendeteksi penderita penyakit tibi sangat susah sekali.

Langkah Pencegahan Penyakit Tibi Tulang Belakang
Penyakit tibi disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang awalnya menyerang paru – paru. Bakteri ini sangat kecil sekali berbentuk tongkat dengan kemampuan tahan terhadap system pertahanan tubuh manusia. Bakteri tibi menyerang semua bagian tubuh, yang paling sering adalah paru – paru karena sebagai tempat pertama bakteri ini singgah.

Setelah menyerang paru – paru bakteri tibi akan mulai menyerang tempat terdekat yaitu kelenjar getah bening ataupun tulang belakang. Bakteri penyakit tibi menyebar melalui udara yang terkontaminasi bakteri karena penderita penyakit tibi batuk atau bersin. Ribuan bakteri tersebar ke udara hanya dengan satu kali batuk atau bersin, sehingga meningkatkan resiko orang terdekat untuk tertular meningkat. Bahkan alat makan dan pakaian dari penderita penyakit tibi bisa menjadi media penyebaran penyakit ini.

Bakteri mycobacterium tuberculosis  yang mulai menyebar ke tulang belakang disebut penyakit tibi tulang belakang atau Arthritis Tuberkulosa. Penyakit tibi tulang belakang menyebabkan peradangan kronik dan destruktif akibat hasil dari aktifitas bakteri tibi. Infeksi bakteri ini terjadi ketika paru – paru terjangkit atau dapat pula ketika paru – paru sudah sembuh dari penyakit tibi yang kemudian sisa bakteri melarikan diri menuju tulang belakang.

Gejala penyakit tibi tulang belakang biasanya berlangsung sangat lambat tetapi mematikan. Keluhan yang diderita awalnya sangatlah ringan namun semakin lama akan semakin terasa, badan terasa mudah lelah pada sore dan malam hari dan penurunan berat badan. Bahkan pada infeksi parah penderita penyakit tibi tulang belakang akan mengalami panas tinggi, malaise, berkeringat pada malam hari dan anoreksia.

Namun jangan terlalu gusar dengan betapa seramnya penyakit tibi tulang belakang. Semua penyakit tibi dapat dicegah dengan cara yang sangat mudah dan tepat. Berikut beberapa langkah pencegahan penyakit tibi tulang belakang.

Jaga kebersihan rumah, teruatam rumah atau kamar yang mudah lembab. Membiarkan sinar matahari masuk merupakan hal yang sangat dianjurkan karena bakteri mycobacterium tuberculosis tidak tahan terhadap sinar UV dari sinar matahari. Meskipun keadaan rumah tidak lembab, tetap usahakan ruangan selalu terkena sinar matahari karena bakteri mycobacterium tuberculosis mampu bertahan pada daerah kering tanpa sinar matahari.

Perbanyak ventilasi udara, sirkulasi udara akan membuat bakteri tibi tidak bergerombol dan mengurangi kemungkinan anda menghirup bakteri yang bergerombol dengan kekuatan penuh. Selain kondisi lingkungan, kondisi diri juga harus diperhatikan. Bakteri penyakit tibi tulang belakang hanya akan berkembang jika orang yang dijangkiti berdaya tahan lemah. Makanan bergizi dan ideal ditambah olahraga teratur akan merangsang peningkatan ketahanan tubuh sehingga bakteri tibi tidak sempat berkembang biak didalam tubuh.

Jika sudah positif terjangkit bakteri tibi, janganlah berkecil hati. Segera hubungi dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut karena penyakit ini dapat disembuhkan. Penanganan yang tepat dengan obat yang rutin dan disiplin dikonsumsi akan menjadi langkah terbaik pencegahan penyakit tibi tulang belakang, hal ini dikarenakan bakteri penyakit tibi yang berkumpul di pari – pari terletak sangat dekat sekali dengan tulang punggung.

Demikian informasi mengenai langkah pencegahan penyakit tibi tulang belakang. Penyakit tibi tulang belakang sangat bersifat destruktif, lebih baik mencegah daripada terlambat.

Dapatkan info kuis/kontes terbaru melalui email:

0 Response to "Langkah Pencegahan Penyakit Tibi Tulang Belakang"

Posting Komentar